Sabtu, 10 November 2012

"Charger" Cepat Baterai Mobil Listrik, Hanya 1,5 Jam

 
 Produsen mobil Volvo, yaitu Volvo Car Corporation (VCC) berhasil mengembangkan pengecas (charger) ulang baterai mobil listrik dengan waktu paling lama 1,5 jam. Menurut produsen mobil asal Swedia tersebut, dibandingkan dengan waktu pengisian yang ada sekarang, pengecas baru tersebut 6 kali cepat.

“Kami memahami, waktu pengisian cepat akan memperpanjang jarak tempuh diperlukan pemakai mobil. Pengisian cepat ini akan mengurangi  rasa cemas pemakai mobil listrik untuk jarak tempuh. Pengisian bisa dilakukan setiap hari atau berapa kali dalam sehari. Bahkan jika tidak punya waktu 1,5 jam, bisa dilakukan dalam 30 menit yang bisa digunakan melakukan perjalanan 80 km,” beber Lennart Stegland, Wakil Presiden Sistem Propulsi Listrik, VCC.
Pertama di dunia
Pengecas cepat ini  akan dipasang dan dievaluasi kinerjanya pada sejumlah mobil listrik Volvo, C30. Kemampuan menghasilkan tenaga 22 kW, menjadikan sebagai “charger” cepat pertama di dunia yang bekerja dengan arus tiga fasa. Sedangkan ukuran, diklaim kecil saat dipasang di mobil.

Ini memberikan dua kemungkinan bagi pemilik mobil. Menggunakan colokan tiga fasa dengan arus 32 Ampere memberikan jarak tembuh 80 km dengan pengisian 30 menit. Sedangkan pengisian penuh butuh 1,5 jam, dicolokkan ke stop kotak di rumah dengan fasa tunggal 230 Volt yang  biasanya membutuhkan waktu pengisaian 8-10 jam.
“Pemilik mobil bisa melakukan pengisian listrik sekali atau lebih dalam sehari. Berarti, jarak tempuh harian akan bertambah. Dengan demikian, biaya operasional semakin murah dibandingkan dengan mobil konvensional,” jelas Lennard Stegland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar